Membaca Terlalu Banyak Buku Itu Berbahaya


Membaca kutipan ini pertama kalinya saya langsung protes (dalam hati) hehe… Apanya yang berbahaya? Bukannya Buku adalah jendela Dunia? Bukannya dengan membaca semakin luas cakrawala berpikir kita?
Tanpa harus mencari tahu alasannya, saya mencoba menggali pustaka otak saya. Kebetulan karena kutipan ini saya pungut di beranda Facebook makanya saya tidak tahu alasan si pengucap itu.
Oia, kutipan ini menurut status teman facebook yang saya baca diucapkan oleh Mao Zedong.
Saya jadi berpikir, mungkin konteks saat itu adalah banyak orang yang tenggelam dengan buku tanpa peduli dengan realitas sosial yang terjadi. Mungkin juga sejalan dengan doktrin sosialis marxis ala mao yang menekankan pentingnya hadir ditengah-tengah massa rakyat. Merasakan denyut nadi perjuangan rakyat, penderitaannya, kesengsaraannya. Mungkin iya, mungkin tidak..hehe.
Tapi ada satu lagi pernyataan yang kuingat adalah dari Marx itu sendiri. Katanya, ” Kegagalan para filsuf adalah mereka hanya bisa menafsirkan dunia tanpa bisa merubahnya”. Mungkin, mereka yang banyak membaca adalah mereka yang bisa jadi teridentifikasi sebagai filsuf? Karena senang berteori, membuat rumusan-rumusan, yang pada akhirnya onani sendiri??
Tapi semua kita pasti sepakat bahwa pengalamanlah yang membesarkan kita. Setinggi apapun teorinya, ketika bersentuhan langsung dengan kondisi rill terkadang kita kesulitan mengaplikasikanny.
Tapi menafikan teori juga akan berakibat buruk tentunya.
Solusi saya dari kutipan diatas: Tetap banyak membaca, tapi jangan sampai menjadi pemikir yang hanya berada diatas menara gading elitisme ilmu.

Sekian..

Iklan

Penulis: sangsepi

👉👉 Saya, secangkir kopi dan kenangan. 👈👈

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s