Ironi Sepakbola Dunia


Beberapa hari kemarin kita dikejutkan dengan aksi teror paris yang menyebabkan 120 0rang tewas dan 180 lainnya mengalami cedera. seluruh dunia berduka. Seluruh dunia mengirimkan doa sekaligus kecaman terhadap aksi teror yang di kait-kaitkan dengan ISIS tersebut.. seluruh dunia memasang Bendera Prancis, apalagi di dunia maya.

Tak ketinggalan dunia sepak bola. setiap pertandingan yang akan berlangsung, terlebih dahulu di nyanyikan lagu kebangsaan Prancis dan di kibarkan juga Bendera-bendera Prancis hampir di setiap sudut stadion sebagai wujud kepedulian terhadap Prancis. Sebuah wujud pemihakan terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang universal. Tapi ada yang sungguh ironis dari dunia sepakbola ini.

salah satu contohnya adalah selebrasi yang ditunjukan oleh Frederick Kanoute saat membela Sevilla di tahun 2007. Kanoute dalam selebrasi golnya ketika Sevilla berhadapan dengan Deportivo La Coruna di Copa del Rey tersebut adalah dengan mengenakan kaos bertuliskan PALESTINA. Tindakannya ini membuat Ia mendapat hukuman dari FIFA karena dalam aturan FIFA, seorang pemain tidak boleh menampilkan pesan-pesan politik atau religius yang dapat melukai pihak lain..

Kasus yang menimpa kanoute ini menjadi sebuah jembatan untuk menilai komitmen kemanusiaan bagi Dunia pada umumnya. Kenapa demikian? Bagi saya, apa yang di lakukan oleh seorang Kanoute adalah wujud protes terhadap pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel dan Kroninya atas Palestina. Toh kalau simbol agama yang dibawa oleh kanoute pada saat itu, bukankah agama mengajarkan sisi-sisi kemanusian yang harus di junjung tinggi? ini memang sungguh Ironis..

saya tak membayangkan jika tiba-tiba ada seorang pemain muslim yang melakukan selebrasi dengan memakai kaos bertuliskan SURiah. yang nota bene saat saya membaca berita kemarin, sekitar ribuan sipil yang meninggal akibat rudal-rudal yang memborbardir habis kota.

sebuah tindakan balas dendam yang mengatas namakan kemanusiaan..

Sungguh ironis….

***

Salamku.

Lamawulo Yani.

Iklan

Penulis: sangsepi

👉👉 Saya, secangkir kopi dan kenangan. 👈👈

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s